Agus Gumiwang dan Sejumlah Menteri Kabinet Kerja Dianugerahi Bintang Mahaputera oleh Presiden Jokowi

0

Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima tanda jasa kehormatan Bintang Mahaputera, di Istana Negara, Jakarta (11/11/2020) kemarin.

Selain Menperin Agus, sejumlah Menteri Kabinet Kerja juga menerima tanda jasa kehormatan Bintang Mahaputera diantaranya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tanda jasa kehormatan tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo atas pengabdian sebagai menteri pada Kabinet Kerja.

Di Kabinet Kerja, Agus Gumiwang menjabat Menteri Sosial periode 2018-2019 yang kala itu menggantikan Idrus Marham, Luhut menjabat Menteri Koordinator bidang Kemaritiman periode 2016-2019, dan Airlangga menjabat Menteri Perindustrian pada 2016-2019.
Kemudian, Yasonna menjabat Menteri Hukum dan HAM periode 2014-2019, Retno Maesudi menjabat Menteri Luar Negeri periode 2014-2019, dan Susi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019.

Penganugerahan tanda jasa Bintang Mahaputera tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 118 dan 119 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan. Menetapkan dan seterusnya,” ucap Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho saat membacakan Keputusan Presiden tersebut.

“Kesatu, menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa kepada mereka yang nama pangkat, dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya,” tutur dia.

Penganugerahan Bintang Mahaputera ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Share.

About Author

Timred-Agk

Leave A Reply