Catat! Ini Cara Menperin Agus Gumiwang Setop Gelombang PHK di Sektor Industri

0

Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta industri atau pabrik untuk tetap buka dan beroperasi. Hal ini guna meminimalisir lonjakan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sektor industri.

“Tentu banyak sekali upaya kita untuk bisa address isu PHK pertama kita harus memastikan industri bisa beroperasi jadi sejak awal kita putar-putar otak bagaimana industri bisa tetap beroperasi di tengah ancaman pandemi atau virus yang sangat berat,” kata Agus dalam video virtual, Senin (11/9/2020).

Agus menilai beroperasinya industri setidaknya akan mencegah PHK karyawan yang dirumahkan. Namun, Menperin memastikan bahwa pengoperasian industri tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Adapun, jika operasional industri tetap dibuka. Maka, investasi untuk sektor industri akan terus mengalir dan meningkat, serta dapat mencegah adanya PHK.

“Jadi investasi itu merupakan kata kunci kita mencegah PHK dan menciptakan lapangan kerja baru,” tandasnya.

Sebelumnya, Ekonom Indef Tauhid Ahmad mengatakan pengangguran pada Agustus 2020 sebesar 7,07% atau sebanyak 9,77 juta orang menjadi pengangguran. Dengan kata lain terjadi kenaikan pengangguran sebesar 37,61% selama pandemi dibandingkan sebelum pandemi.

“Ini membuktikan bahwa pandemi menyebabkan perusahaan melakukan PHK, merumahkan karyawan, hingga kegiatan UMKM berhenti,” kata Tauhid Ahmad di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Share.

About Author

Timred-Agk

Leave A Reply