Optimisme Menperin Agus Gumiwang di Tengah Ancaman Gelombang Kedua Covid-19

0

Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, Indonesia memiliki modal yang cukup kuat dalam pemulihan ekonomi pada 2021.

Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomo global yang menunjukan adanya tanda perbaikan di tengah amcaman gelombang kedua Covid-19. “Modal yang cukup kuat yang dimiliki oleh Indonesia terkait dengan pemulihan ekonomi,” kata Agus dalam diskusi FMB Menjaga Laju Keberlangsungan Industri di Tengah Pandemi, Rabu (30/12/2020).

Pemulihan ekonomi sudah dapat dilihat dari aktivitas manufaktur di negara-negara maju dan juga negara berkembang yang mulai memasuki fase ekspansif menggeliat. Meningkatnya aktivitas manufaktur, pun juga terjadi di Indonesia yang terdorong dari peningkatan diferensiasi industri.

“Hal ini mengindikasikan adanya optimisme pelaku sektor bisnis terhadap kondisi perekonomian ke depan,” kata dia. Di sisi lain, berdasarkan proyeksi dari beberapa lembaga internasional terhadap pertumbuhan ekonomi dunia, OECD memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada 2021 akan sebesar 4 persen.

Word Bank sendiri memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun depan sebesar 4,2 persen dan juga IMF sebesar 5,2 persen. “Dan indeks proyeksi PDB berapa negara kita bisa lihat bahwa meningkat pada tahun 2021. Sementara PMI di kawasan juga meningkat,” jelasnya.
Sumber : liputan6.com

Share.

About Author

Timred-Agk

Leave A Reply